Sukses

Lebih 25 Ribu Jemaah Tiba di Arab Saudi

Sebanyak 25.878 jamaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi hingga hari Kamis (6/10). Klotter pertama jemaah haji Indonesia terbang tanggal 2 Oktober 2011 lalu.a 2 Oktober.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 25.878 jamaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi hingga hari Kamis (6/10). Klotter pertama jemaah haji Indonesia terbang tanggal 2 Oktober 2011 lalu.a 2 Oktober.

Data yang di keluarkan Kementerian Agama tercatat 63 Klotter jemaah haji tiba di Bandara di King Abdul Azis Jeddah dan Bandara Amir Muhammad Abdul Azis Bandara di Madinah.

Tercatat hingga Kamis (6.10) 23.878 jamaah haji Indonesia dari 59 Klotter penerbangan memasuki Madinah dan 1.338 jemaah haji dengan empat Klotter penerbangan sedang dalam perjalanan dari Jeddah ke Madinah. Sekitar 220.000 orang jemaah haji Indonesia diharapkan untuk menunaikan  ibadah haji di Tanah Suci tahun ini.

Cuaca terik dan lembab selama berada di tanah suci membuat jemaah haji dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan. Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi Dr Mawari Edi mengingatkan jamaah calon haji disarankan terus menggunakan masker selama berada di Arab Saudi untuk menghindari penyakit saluran pernafasan. "Suhu panas dan kelembaban rendah bisa sebabkan serangan saluran pernafasan yang berakibat tenggorokan kering, gatal dan terasa ingin batuk," kata Mawari.

Dikatakannya, rata-rata suhu di Arab Saudi saat ini cukup terik sehingga bagi warga Indonesia menjadikan cepat letih ketimbang berada di Indonesia. Dia mengingatkan kelembaban udara rendah sehingga perlu diwaspadai jemaah calon haji. Oleh sebab itu, katanya menyarankan calhaj hendaknya terus menggunakan masker dimanapun berada terutama saat berada di tempat terbuka. (Kemenag/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini