Sukses

Pasar Serikin, Wisata Belanja Warga Malaysia

Pasar rakyat Serikin berada di Distrik Serikin, Sarawak, Malaysia. Pasar ini menjadi wisata belanja warga Malaysia yang hanya dibuka pada akhir pekan.

Liputan6.com, Sarawak: Perbatasan Indonesia-Malaysia menjadi lahan empuk bagi perekonomian rakyat pedalaman. Seperti terlihat di pasar rakyat Serikin yang berada di Distrik Serikin, Sarawak, Malaysia. Hampir seratus persen di pasar itu, diwarnai pedagang dan barang produk Indonesia.

Untuk menempuh lokasi Pasar Serikin para pedagang harus melewati medan berlumpur agar bisa menuju Serikin dari Kecamatan Jagoy Babang, Indonesia. Pantauan SCTV, belum lama ini, ribuan warga Malaysia maupun mancanegara memenuhi pasar rakyat tersebut untuk berbelanja. Tapi, tak satupun produk Malaysia yang diperdagangkan di sana. Semuanya produk asli Indonesia. Rupanya kerajinan tangan dan pakaian buatan Indonesia sangat diminati warga Malaysia.

Pasar Serikin merupakan wisata belanja bagi warga Malaysia. Meski pasar ini kumuh, para pembeli tak hanya datang dari wilayah Sarawak tetapi juga dari kawasan Malaysia timur, seperti Kuala Lumpur, serta pelancong dari berbagai negara. Mereka datang dengan membawa sanak keluarga sambil berakhir pekan. Namun, isu keamanan antarnegara membuat pasar ini sepi pengunjung.

Terkadang warga Malaysia membeli dalam jumlah besar untuk dijual lagi. Akibatnya, para pedagang Indonesia di Serikin ini pun dapat meraup untung lebih besar. Rata-rata mereka bisa meraup hingga 5.000 ringgit setiap berdagang di akhir pekan.(IAN)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini