Sukses

Aneka Makanan Pengganti Beras

Sebenarnya banyak bahan lain bisa dijadikan alternatif pengganti beras yang bisa diolah menjadi berbagai aneka makanan. Di antaranya adalah brownies singkong dan shorgum.

Liputan6.com, Jakarta: Saat ini masyarakat Indonesia makin tergantung kepada beras sebagai makanan pokok sehari-hari. Hal ini tentu tidak baik karena produksi beras harus terus digenjot. Dan kalau tidak terpenuhi maka Indonesia harus impor dari negara lain.

Sebenarnya banyak bahan lain bisa dijadikan alternatif pengganti beras yang bisa diolah menjadi berbagai aneka makanan. Satu di antaranya adalah brownies yang terbuat dari singkong. Rasanya tak berbeda dari brownies lainnya. Bahkan kandungan serat brownies singkong lebih tinggi daripada brownies tepung terigu.

Lain lagi dengan sorgum. Tanaman sumber karbohidrat ini bahkan bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Kandungan nutrisinya cukup baik bahkan protein sorgum lebih tinggi daripada beras.

Saat ini sorgum sudah cukup dikenal terutama petani di Nusa Tenggara dan sudah mulai dijadikan makanan pokok. Namun karena masih rendahnya produksi sorgum di Indonesia, harga jual sorgum relatif di atas harga jual beras.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.