Sukses

Pembangkit Listrik Tenaga Angin ala Ikhsan

Ikhsan menemukan pembangkit listrik tenaga angin yang menggunakan komponen sederhana. Dengan tekanan 120 psi, akan diperoleh daya listrik sebesar 3.000 watt selama empat jam.


Liputan6.com, Purworejo: Krisis listrik di Indonesia membuat beberapa orang terpacu menemukan alternatif pengganti setrum dari Perusahaan Listrik Negara. Ikhsan, misalnya. Pria asal Purworejo, Jawa Tengah, ini menemukan pembangkit listrik tenaga angin yang menggunakan komponen sederhana.

Dengan tekanan 120 psi, akan diperoleh daya listrik sebesar 3.000 watt selama empat jam. Ini setara listrik yang dihasilkan PLN namun tanpa sedikit pun membutuhkan bahan bakar minyak. Bentuknya memang berbeda dari pembangkit listrik tenaga angin yang umumnya berbentuk kincir.

Cara kerja alat ini tidak rumit. Energi angin yang ditangkap akan menggerakkan turbin di dalam kompresor angin. Angin bertekanan tinggi kemudian dialirkan ke tangki penampung melalui selang untuk menggerakan generator hingga menghasilkan listrik.

Menurut Ikhsan, alat ini cocok digunakan perusahaan-perusahaan besar. Sebab dengan modal Rp 300 juta, pemakaian bisa untuk selamanya. Ikhsan menambahkan, alat temuan ini telah dipatenkan dan sudah digunakan di perusahaannya.(YNI/Yon Daryono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.