Sukses

Benarkah Orang Miskin Berkurang?

Wapres Jusuf Kalla mengklaim pemerintahannya bersama Presiden Yudhoyono telah berhasil menurunkan angka kemiskinan. Bila sebelumnya orang miskin mencapai 40 juta orang, saat ini jumlah itu diperkirakan turun menjadi 30 juta jiwa.

Liputan6.com, Jakarta: Jumlah orang miskin selalu menjadi polemik di negeri ini. Pemerintah mengatakan ketimbang tahun silam angka kemiskinan pada tahun ini turun. Di Jakarta, Selasa (11/12), Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklaim pemerintah sudah berhasil menurunkan jumlah orang miskin dari 40 juta menjadi 30 juta jiwa. Ia juga optimistis, tahun depan kaum duafa di Indonesia akan turun 1,5 persen. Terutama bila pertumbuhan ekonomi naik hingga tujuh persen dibanding tahun ini yang tumbuh sebesar 6,3 persen.

Namun, ekonom Faisal Basri menyatakan klaim Wapres Kalla tak realistis dan mustahil dicapai. Dia beralasan, ekonomi dunia pada tahun depan diperkirakan turun dari 5,2 jadi 4,8 persen. Faisal memprediksikan pada tahun depan pertumbuhan ekonomi nasional hanya mencapai 6,4 persen. Ini berarti di bawah target resmi pemerintah yang sebesar 6,8 persen.

Apa pun polemik yang terjadi yang jelas data Badan Pusat Statistik menunjukkan pada Februari 2007, jumlah orang miskin di Indonesia mencapai 37,2 juta atau 16,6 persen dari jumlah penduduk. Menurut BPS, jumlah itu turun jika dibanding Februari 2006 [baca: Jumlah Penduduk Miskin Berkurang].(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.